Plan(review) Vs. Actual Plan


Dalam analisis akuntansi dan keuangan, perbedaan antara rencana dan aktual disebut varians.
varian dapat memiliki nilai positif (baik) atau negatif (buruk).

Positif Varian

  • Jika selisihnya sebagai angka positif.
  • Jika Anda menjual lebih dari yang direncanakan, itu positif. Jika keuntungan lebih tinggi dari yang direncanakan, itu positif juga. Jadi untuk penjualan dan keuntungan, varians adalah hasil aktual dikurangi nilai yang direncanakan.
  • Untuk biaya dan pengeluaran, pengeluaran yang kurang dari yang direncanakan positif, jadi varians positif berarti jumlah sebenarnya kurang dari jumlah yang direncanakan. Untuk menghitungnya, kurangi biaya yang direncanakan dengan hasil aktual dari biaya

Negatif Varian

  • Jika selisihnya sebagai angka negatif.
  • Bila penjualan atau keuntungan kurang dari yang direncanakan, itu negatif. Anda menghitung varians pada penjualan dan keuntungan dengan mengurangi hasil aktual dengan nilai rencana.
  • Bila biaya atau pengeluaran lebih dari yang direncanakan, itu juga negatif. Sekali lagi, Anda mengurangi nilai yang direncanakan dengan hasil aktual  .

Contoh sales varian

sales-variance-analysis

contoh expenses varian

expense-variance-analysis.jpg

Analyzing the Marketing Expense Case

Selanjutnya, mari kita kaji kembali hasilnya dengan melihat apa yang terjadi di bulan Mei. Pada bulan itu, biaya pemasaran lebih tinggi dari yang direncanakan, sebesar $ 326. Itu varians negatif, biaya lebih tinggi dari yang direncanakan. Tapi hal lain yang terjadi di bulan Mei – Anda bisa melihatnya dalam varians penjualan – ada peningkatan nilai penjualan, dan pendapatan penjualan jauh di atas rencana. Jadi mungkin varian negatif itu sebenarnya pemasarannya bagus, yah dieksekusi.

Dengan rencana penjualan vs aktual kita dapat melihat promosi penjualan berdasarkan harga. Ternyata gagal, karena harganya terlalu sedikit diminati pembeli untuk mengimbangi diskon toko.
Tapi apakah memang harga masalahnya, atau apakah memang seseorang gagal melakukan pemasaran?

Apakah pengeluaran yang kurang dari yang direncanakan, selama promosi, bagus? Harga turun tapi mungkin departemen pemasaran gagal memberi tahu orang-orang tentang hal itu. Dimana masalah manajemen? Apa yang perlu dikoreksi? Ini adalah contoh pertanyaan bagus.

Jadi jika Anda dan saya sedang menjalankan toko sepeda, kami membutuhkan lebih banyak informasi. Kita perlu melihat hasil dan membicarakannya dengan tim, untuk memanfaatkan apa yang berhasil, dan memperbaiki yang sebenarnya. Dan analisis varians – rencana vs aktual – memberikan petunjuknya. Maka dibutuhkan manajemen untuk menindak lanjuti dan mengambil tindakan.

The Management in Plan Vs. Actual

Plan Vs Actual titik beratnya bukan pada perhitungan atau kalkulasinya, tetapi pada managementnya.
melihat variannya setiap bulannya pada contoh toko sepeda diatas berfungsi untuk mencari indikasi masalah, atau keuntungan yang tak terduga, sehingga dia dapat bereaksi dengan segera.
Pemilik toko harus menyelidiki mengapa dia menjual lebih sedikit asesoris dan spare part sepeda dari yang direncanakan, dan apakah perbaikan dan layanannya perlu ditinjau kembali. Intinya adalah manajemen.
perencanaan bisnis adalah tentang manajemen, bukan angka yang sulit. Apa yang harus dilakukan, mengingat variannya, untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s