bukan Coretan di dinding


cyberschool free access for fast inform anything, connecting to all resource (human resource, compute,etc) making for unlimited possibility. Penggunaan teknologi internet memberikan konsep baru untuk saling bekerjasama menggabungkan berbagai human resource, infrastuktur, capital  sehingga memungkinkan untuk menciptakan budaya unlimited possibility. Penggabungan berbagai disiplin ilmu memberikan kemungkinan untuk membuat berbagai penemuan-penemuan baru. Teknologi yang tepat akan meningkatkan value dari suatu produk, produk yang baik akan meningkatkan loyalitas consumer,  consumer yang loyal akan menjadi salah satu media advertising yang efektif dengan menceritakan benefit dari produk tersebut.

Cyberschool_02

E-learning, Electronic learning atau saya lebih suka menyebutnya sebagai enjoy learning, kenapa enjoy learning karena untuk belajar kita harus bisa menikmati proses belajar tersebut, sesuatu yang bisa dinikmati atau sesuatu yang menyenangkan itu akan lebih mudah di ingat atau di pahami dari pada sesuatu yang menyakitkan atau tidak disenangi (ini bukan curcol ya).

E-learning membuka akses untuk berkolaborasi, E-learning membuka akses untuk berkomunikasi, E-learning juga membuka akses untuk belajar secara menyenangkan, jika aksesnya telah terbuka maka itu akan menjadi kesempatan (opportunity…seringkali kesempatan itu hilang karena kita tidak punya akses), kesempatan untuk apa ? , kesempatan untuk menjadi greatest problem solving.

Kesempatan untuk menemukan penemuan-penemuan baru, kesempatan untuk bisa saling belajar, kesempatan untuk membuat hidup menjadi lebih baik, kesempatan untuk saling mengisi (khan kita mahluk sosial),kesempatan untuk lebih beriman (kalau hidup kita lebih baik,lalu kita bisa bersyukur…maka kita akan lebih beriman karena iman itu dibagi dua yaitu sabar dan bersyukur)

Cyberschool_21

Si fulan dari smp sudah memiliki tugas untuk merawat burung-burung ,ilik pamannya, pamannya memang hoby memilihara burung, pamannya begitu mengerti bagaimana memberi makan yang baik, melatih dan merawat burung, sehingga tidak heran burung-burungnya banyak yang menjadi juara bahkan sampai tingkat propinsi.

Yang tidak disadari si fulan ialah sesungguhnya si fulan sedang belajar bagaimana cara merawat burung untuk lomba dari ahlinya.

Cyberschool_04

Benefit of E-learning, Seperti di sebutkan diatas bahwa e-learning memberikan kemungkinan untuk membuat berbagai penemuan baru diberbagai bidang hasil dari penemuan-penemuan itu dapat dipatenkan, penemunya dapat menjadi konsultant, hasil penemuannya dapat dipublikasikan bahkan dapat di konversi menjadi saham jika digunakan pada bidang industri atau komersial, hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan institusi dan e-learning agar dapat melakukan penemuan-penemuan baru lainnya.

Cyberschool_03

E-learning akan menghubungkan dan mengintegrasikan pengetahuan secara global, awalnya mungkin kita berpikir bahwa kita hanya mengkoneksikan secara organisasi saja, tetapi sesungguhnya e-learning mengkoneksikan secara global

Cyberschool_06

Why google, Google tulus dalam memberikan productnya tanpa memasangkan iklan pada halamannya, tampilannya sederhana, jujur, no rasis,free, menyenangkan dan terus memperbaiki productnya menjadi baik dan lebih baik lagi, menjadi pemersatu didunia internet dengan memberikan sistem page rank yang fair.

Google sebuah institusi yang hampir tidak pernah drop, dengan sistem yang cukup baik.

cyberschool2 Aplikasi CMS berkembang demikian pesatnya, Aplikasi yang partial pun bertebaran tidak kalah hebatnya dengan fitur-fitur yang juga terus dikembangkan. Logika saya menganalogikan CMS seperti sebuah supermarket dimana barang yang kita butuhkan diletakkan di rak-rak dalam supermarket sesuai dengan kreteria tertentu, barang yang masuk kedalam supermarket tentunya harus mengikuti aturan supermarket tersebut entah kualitasnya atau kuantitasnya, mungkin juga ada syarat-syarat lainnya seperti harga misalnya. Aplikasi partial seperti di google play,google apps atau apps store milik apple saya analogikan mungkin seperti toko shibuya street atau ciwalk bandung, kalau kita butuh pakaian kita ketoko pakaian kalau di supermarket kita rak pakaian, kalau kita butuh minum kita ke kafe tapi kalau di supermarket kita ke rak minuman. Toko-toko ini bisa jadi lebih lengkap dibandingkan dengan rak disupermarket, pengembangannyapun tidak perlu terlalu kaku mengikuti aturan supermarket sehingga performancenya bisa terus dikembangkan tanpa terlalu kaku mengikuti berbagai rule. Tokonya pun bisa bermacam-macam, analoginya ada ratusan atau ribuan aplikasi google play atau apps store yang bisa digunakan sesuai kebutuhan kita, jadi kalau kita butuh kita bisa pasang tetapi kalau tidak dilepaskan saja. Ini juga bisa menjadikan aplikasi berjalan lebih cepat karena hanya menjalankan yang dibutuhkan saja. cyberschool3 Google Apps adalah aplikasi yang masih partial (menurut saya) tapi punya kemampuan yang cukup powerful, dengan menggunakan google apps kita tidak terlalu memikirkan infrastructure untuk penyimpanan, bandwidth, pengembangan aplikasi dan lain-lain, serahkan saja ke ahlinya (lebih tepatnya ke google). Kita bisa lebih fokus ke device disisi pengguna dan contents. Walaupun saya mendapatkan aplikasi ini secara gratis tetapi ini bukan aplikasi asal asalan, karena untuk fasilitas yang sama diversi bisnisnya aplikasi ini mencharge penggunanya sebesar 6 US$ perbulan /user

cyberschool4

Gambar diatas adalah fasilitas google apps yang bisa digunakan ….. Denga satu user account kita dapat menggunakan banyak fasilitas aplikasi yang ada di google, tergantung apa kebutuhan kita itu yang saya sebut sebagai definiton objective, definition objective ini perlu dibuatkan demand analysis nya artinya kebutuhan x sebaiknya pakai fasilitas apa di google dengan melihat staff resource (perlu tidak adanya staff yang membantu menghandle hal ini atau bisa langsung digunakan usernya kalau iya si  user perlu di beri pelatihan atau tidak…pelatihannya seperti apa, kemampuan yang harus dimiliki user seperti apa) lalu demand analysis untuk target groupnya seperti apa (contents,rule,activity,organization concept,media and technical) contents haruskah contents memiliki kaidah tertentu rule haruskah dibuat rule tertentu untuk para users didalam organisasi. misalnya tidak menggunakan email untuk urusan pribadi. Activity aturan penggunaan untuk aplikasi ini didalam organisasi, misalnya buat kelas, invite students, dead line tugas minimal 3 hari atau yang lainnya. Organization concept  bagaimana hirarki organisasi yang akan dibuat yang nanti akan berhubungan dengan rule. Misalnya google calendar pada top organization harus di include ke semua  user. Media and technical adalah bagaimana menggunakan fasilitas yang ada di google  dengan kemampuan yang harus dimiliki oleh tiap user.

Cyberschool_22

Cyberschool_19

 bersambung ya…nanti

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s