What is cloud computing and what can it do for me


What is cloud computing and what can it do for me

Cloud computing adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang melibatkan host layanan yang disampaikan melalui internet. Dalam arti luas Cloud computing memiliki tiga karakteristik yang membedakannya dari hosting tradisional, ini adalah;

  1. Menyediakan sesuatu yang diminta  (dalam beberapa kasus dalam hitungan menit atau jam)
  2. Terukur (pengguna dapat memiliki sedikit atau sebanyak yang mereka inginkan)
  3. Sepenuhnya dikelola oleh vendor (Anda biasanya hanya memerlukan komputer dan akses internet)

Cloud computing menjanjikan untuk mempercepat penyebaran aplikasi dan biaya yang lebih rendah, sementara untuk meningkatkan  bisnis. cloud computing akan  mengubah tentang bagaimana merancang, membangun dan memberikan aplikasi kepada pengguna. Apakah hari ini  anda telah menggunakan search engine ?, Atau anda telah mengakses web mail jika demikian anda sudah menggunakan layanan Internet (cloud).

Ada jaringan publik,  jaringan swasta dan  jaringan hibrid  tapi jangan biarkan jargon menghalangi anda, semua orang setuju bahwa cloud computing adalah kunci untuk masa depan TI tetapi banyak orang-orang tidak yakin dengan kelanjutannya. Banyak perusahaan yang  menawarkan “layanan cloud computing” seperti SaaS (software as a service) atau PaaS (platform as a service) atau IaaS (infrastructure as a service) untuk beberapa vendor mungkin memiliki nama yang berbeda.

Cloud computing memiliki beberapa manfaat nyata tetapi juga memiliki risiko seperti kehilangan layanan jika operator anda memiliki downtime atau lebih buruk lagi jika vendornya  keluar dari bisnis ini, juga kekhawatiran regulasi atas keamanan data sehingga penting memilih vendor anda dengan hati-hati.

Saya baru-baru ini meng-install sistem yang sangat sederhana untuk tukang ledeng yang tinggal di depan jalan, ia sudah memiliki iPhone, Apple Mac dan iPad meskipun dalam kata-katanya ia tidak benar-benar yakin apa yang harus dilakukan dengan peralatan tersebut.

Selama percakapan kami, ia menyebutkan bahwa istrinya memiliki telepon di rumah dan menulis semua janji pekerjaannya dan secara berkala dia memberinya daftar baru, jika panggilan mendesak maka dia mencoba untuk menghubunginya langsung, dalam waktu 10 menit kami telah menghubung kan Apple Mac, iPhone dan aplikasi kalender iPad sampai dengan iCloud ( (ia  familiar dengan aplikasi kalender apapun).

sekarang ketika istrinya meng-entry rincian panggilan ke time slot  pada aplikasi kalender pada Mac, Jadwal akan muncul di iPhone dan iPad hampir seketika dan setiap kali ada janji Mendesak akan ditandai dengan warna merah,dia sekarang tahu persis kapan dan di mana ia harus berada, apa yang masalahnya sebelum dia sampai di sana, alamat,  nama pelanggan dan detail kontak dan dia tidak mengeluarkan biaya apa-apa untuk ini  karena ia sudah memiliki teknologi yang sederhana, tetapi hal ini  satu atau dua tahun lalu mungkin akan menjadi sedikit lebih sulit dan lebih mahal , mungkin ini bukan solusi terbaik untuk masalahnya tetapi hal ini bekerja untuk dia dan dia tidak mengeluarkan biaya apapun.

Cerita di atas adalah untuk menunjukkan bahwa “Cloud” tidak menakutkan, memang kadang  bukan jawaban untuk segala hal tetapi dalam kasus-kasus tertentu itu tidak persis seperti apa yang anda takutkan.

beberapa istilah yang  mungkin  anda ingin tahu lebih banyak, diantaranya adalah :

Utility Computing
SaaS
 – Software as a service
PaaS – Platform as a service
IaaS – Infrastructure as a service
RIA – Rich internet application
Multi-tenancy
Public, Private, Hybrid Clouds
Virtualisation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s