NFC (Near Field Communication )


Teknologi Near Field Communication (NFC) dapat membuat hidup lebih mudah dan nyaman bagi penggunanya di seluruh dunia dalam melakukan transaksi, seperti pertukaran konten digital, hanya dengan menghubungkan perangkat elektronik ke perangkat elektronik yang memiliki teknologi NFC dengan sentuhan atau minimal mendekatkannya maksimal 4 cm dengan kecepatan komunikasi maksimal 424 kbps, Hal ini membuat bentuk layanan elektronik dan interaksi lainnya lebih mudah diakses oleh banyak orang. Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat, baik menggunakan NFC secara langsung atau melalui teknologi nirkabel lain seperti WiFiBluetoothUWB atauZigBee.

NFC memungkinkan digunakan pada bidang-bidang seperti:

  1. Akses kontrol
  2. Konsumen elektronik
  3. Kesehatan
  4. Informasi pengumpulan dan pertukaran
  5. Loyalitas dan pembelian kupon
  6. Pembayaran
  7. Transportasi

Perangkat yang telah menggunakan chip NFC, seperti smartphone, akan menghasilkan layanan interaktif yang lebih mudah dan nyaman digunakan bagi konsumennya. Konsumen akan cenderung untuk mengadopsi cara yang paling nyaman dalam mengakses dan membayar barang dan jasa. NFC yang digunakan pada ponsel, dapat mengubah ponsel menjadi alat pembayaran transaksi keuangan seperti halnya kartu kredit. Selain konsumen bisa merasa nyaman dalam bertransaksi, keunggulan lainnya adalah dapat mengurangi biaya produksi kertas seperti biaya tiketing atau bukti pembayaran.

NFC bisa digunakan untuk melakukan registrasi tunai, pembayaran di tempat umum atau pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin kas, membantu pembayaran di sarana transportasi seperti halte bus dan tempat menarik lainnya, bisa terhubung dengan sebuah poster yang juga memiliki teknologi NFC, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, sebagai entri sistem dan pembuka pintu.

Dengan kehadiran NFC komputasi menjadi muncul dimana-mana, semuanya terhubung ke jaringan, orang memiliki pilihan untuk membentuk koneksi yang sesuai dengan kebutuhan mereka pada waktu tertentu.

Penggunaan NFC pada smart poster


Brand table menggunakan teknologi NFC

Brand table adalah sebuah konsep untuk pengunaan NFC pada food court dimana konsumen dapat memesan secara remote dari sebuah meja dan kemudian membayar melalui mobile phone

Langkah pertama :pilih restaurant yang diinginkan

dekatkan smartphone yang sudah ada teknologi NFC-nya pada logo restaurant di meja

Langkah kedua : Order pesanan anda melalui navigasi yang tampil dismarphone anda

Langkah ketiga : Konfirmasi pesanan anda dan bayar dengan mobile banking account anda

Ketika pesanan anda  siap, anda akan dikonfirmasi via smart phone anda (bisa melalui sms, atau yang lainnya)

Langkah ke empat : Tunjukkan struk electronik pada smart phone anda ketika waitress mengantar pesanan anda, periksa pesanan anda apakah sesuai dengan order

One response

  1. Hi There ,

    Good overview of NFC on how it could be used in shopping . Interestingly i have written on similar lines about the future of shopping with NFC.

    I think one of the problems with regard to mobile payment is that many alliances are now being formed for mobile payments. Google Wallet has it’s own payment implementation , similarly banks are joining together in UK ,and in US of A major telecom service providers are joining hands together for implementing mobile payments through NFC.

    This could result in a lot of fragmentation in the market and could delay the mass adoption of this technology. What do you think about this fragmentation and how can it be solved ?

    Cheers,
    Dinakaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s