Analisa Jaringan Komputer di RS. Angkatan Laut Dr.Mintohardjo


Disusun oleh :

Reza Junianto 13090480
Ryan Noverdiyanto 13090420
Nuryani 13090193
Erik Risnandar 13090479
Adin Syarifudin 13090419

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Umum

Di zaman modern seperti saat ini kemajuan teknologi khususnya Teknologi Informasi berkembang sangat cepat. Perkembangan ini sejalan dengan kemajuan Teknologi Komputer dan Jaringan Komputer yang menghubungkan seorang user ke seluruh dunia, yang lebih dikenal saat ini sebagai Sistem Jaringan atau International Networking yang disingkat Internet.

Untuk Local Area Network atau Sistem Jaringan Komputer Lokal saat ini sudah menjadi konsumsi public untuk membantu dalam kelancaran tugas – tugas dan komunikasi antara setiap user pada suatu lingkungan kerja, instansi, organisasi, sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, maka kualitas Sumber Daya Manusia dalam mebangun suatu Sistem Jaringan menjadi sangat diperlukan.

Maka dari itu sangatlah penting bagi kami para mahasiswa Teknik Komputer untuk mempelajari pengetahuan tentang Jaringan / network ini. Dan juga sebagai modal di dalam mempersiapkan diri untuk dunia kerja kelak sesuai dengan jurusan kami.

1.2  Maksud dan Tujuan

Tugas pembuatan makalah ini dimaksudkan agar kami para Mahasiswa Teknik Komputer dapat melihat, mengerti, mendalami dan mengimplementasikan ilmu – ilmu di bidang Teknologi Jaringan Komputer yang telah diajarkan kepada kami selama perkuliahan. Sedangkan tujuan dari tugas ini antara lain :

  1. Sebagai Tugas Akhir mata kuliah Jaringan Komputer Lanjutan pengganti nilai UAS
  2. Melatih tanggung jawab kami sebagai mahasiswa untuk mengerjakan apa yang telah ditugaskan kepada kami
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan seputar Teknologi Jaringan Komputer

 1.3  Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang kami lakukan untuk penyusunan makalah ini adalah dengan melakukan Riset langsung ke perusahaan yang kami telah kami pilih. Konsultasi dilakukan bersama – sama Penanggung Jawab bagian IT. Perusahaan tersebut. Selain itu juga kami melihat langsung situasi dan kondisi Jaringan Komputer di tempat itu, untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

1.4  Ruang Lingkup Materi

Kami menyadari bahwa pada suatu rumah sakit, penyampaian informasi secara cepat dan akurat itu sangatlah penting, untuk membantu meringankan pekerjaan dan management informasi yang lebih terorganisir dan efisiensi waktu. Dengan penyampaian informasi yang cepat dan akurat dari setiap bagian di tempat ini sangatlah berperan penting dalam suksesnya penyelesaian setiap masalah dan pekerjaan yang dihadapi, dan juga sangat membantu dalam berbagi informasi antar cabang lainnya. Di sini kami membatasi penulisan ini agar lebih jelas dan terarah, maka kami batasi penulisan hanya pada:

  1. Local Area Network (LAN) pada RS. Yang terletak diJakarta . Mencakup di dalamnya perangkat keras yang digunakan, perangkat lunak, topologi jaringan, media transmisi,dll.
  2. Wide Area Network (WAN) yang menghubungkan RS. dengan cabang – cabang lainnya, dengan kantor – kantor yang berhubungan dengan tempat ini, serta dengan kantor pusat yang menjual jasa akses internet di Jakarta.

BAB II

LANDASAN TEORI

pass untuk selanjutnya masuk bab 3

BAB III

TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

1.1  Tinjauan Umum RS. AL Dr.Mintohardjo

Melalui media ini kami hadir untuk anda, berbagai sajian informasi penting seputar ruang lingk.up Rumah Sakit ADM baik itu dari fasilitas, pelayanan, berita terbaru serta berbagai artikel kesehatan yang dikemas.

untuk kepentingan pengguna jasa pelayanan di RS ADM. Peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, jenis pelayanan kesehatan, peralatan kesehatan dengan teknologi modern, pengembangan sistem komputer terpadu serta peningkatan profesionalisme seluruh jajaran personal rumah sakit terus dikembangkan dengan pengelolaan manajemen profesional.

Kami menyadari selain peningkatan pelayanan kesehatan, tersedianya informasi rumah sakit yang lengkap, terpadu, terkini dan jelas tentang keadaan dan sistem pelayanan rumah sakit merupakan salah satu layanan informasi yang diperlukan. Oleh karena itu dengan ini kami melengkapi sarana Jaringan Informasi kami dengan baik. Dan juga telah diluncurkannya website resmi kami di http://www.rsaldrmintohardjo.com. Semoga dengan peningkatan teknologi informasi yang kami lakukan ini, dapat mendukung semakin baiknya sistem pelayanan rumah sakit sebagai informasi yang diperlukan oleh prajurit, PNS TNI AL dan keluarga serta masyarakat umum.

1.1.1  Sejarah

Rumah Sakit Angkatan laut Dr.Mitohardjo Jakarta, berlokasi di jalan Bendungan Hilir No.17 Pejompongan Jakarta Pusat, tampak asri, besar dan kokoh, rumah sakit ini dibangun diatas lahan seluas 42.586 m2

1.1.2        Visi dan Misi

Visi

“ MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN TNI AL WILAYAH BARAT YANG BERMUTU, DICINTAI ANGGOTA, KELUARGA DAN MASYARAKAT “

Misi

  1. MEMBINA DAN MENINGKATKAN KWALITAS SUMBER DAYA MANUSIA
  2. MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU
  3. MEMBERIKAN DUKUNGAN KESEHATAN

3.2.1 SKEMA JARINGAN

gambar blok diagram

rangkaian jaringan

  1. Analisa

Setelah melakukan Riset dan mengadakan beberapa metode penelitian dalam penulisan ini, kami berhasil menganalisa sistem jaringan LAN pada RS. AL Dr.Mintohardjo.

Adapun hasil yang telah dianalisis yaitu :

Tipe jaringan LAN (local Area Network) yang ada pada RS. AL Dr.Mintohardjo menggunkan metode Client-Server, Client yaitu komputer yang terhubung ke komputer server yang dapat menggunakan segala sumber daya yang dimiliki server, sedangkan komputer server adalah sebuah komputer utama yang dilengkapi software khusus yang bertugas mengawasi segala sesuatu (komputer) yang terhubung di kepadanya juga digunakan untuk melayani proses permintaan dari client. Jaringan ini menjadi mode standar untuk jaringan. Dengan jaringan ini jumlah komputer yang terhubung dapat ditingkatkan tanpa melihat jarak fisik dari komputer tersebut dan jumlah server yang dibutuhkan.

Komputer server mengatur segala aktifitas pengguna komputer client, client harus Log On terlebih dahulu. Komputer server akan memeriksa database dari pengguna jaringan, apabila data dan password yang dibuat oleh pihak Administrator sama maka pengguna jaringan tersebut dapat menggunakan segala sumber daya yang ada di server.

Di samping segi keamanan yang didapat dari sebuah jaringan, jaringan client-server juga memiliki keuntungan sebagai berikut :

  1. Server dapat berfungsi sebagai penyimpan pusat yang dapat dijangkau setiap orang. Karena server ini selalu hidup. Server ini dapat menyimpan data yang dapat digunakan bersama oleh pemakai.
  2. Kita bisa mengamankan atau memproteksi file – file yang sifatnya rahasia. Server akan selalu mengecek setiap pengguna yang akan akses ke jaringan.
  3. Server pada jaringan Client-Server dapat berperan sebagai pusat pesan untuk email dan diskusi

1.1.1        Topologi Jaringan

Topologi yang digunakan oleh RS. AL Dr.Mintohardjo adalah topologi star. Dalam hal ini menggunakan switch. Dari layanan penyedia jasa internet (ISP) sinyalnya dikonversikan oleh modem, lalu data diteruskan ke router, dari router data akan dikirimkan ke masing – masing switch di setiap ruangan/post tertentu, lalu dari switch langsung disambungkan ke client dan server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s